twitter
rss


Selamat Menyongsong Ujian Nasional 2012

Tinggal beberapa hari lagi siswa siswi di tingkat SMP/MTs akan menghadapi UN.Untuk itu sedini mungkin, atau mulai detik ini sebagai siswa siswi harus mulai mempersiapkan diri baik fisik maupun mental.Karena dengan mempersiapkan diri sedini mungkin memungkinkan siswa untuk lebih siap dan lebih percaya diri, sehingga hati dan pikiran siswa akan lebih tenang.
Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan atau dipersiapkan siswa sejak dini agar sukses dalam menempuh UN, antara lain :
Persiapan Fisik
Mulai saat ini kondisi fisik siswa harus dipersiapkan dengan cara berolah raga setidak tidaknya seminggu 1x, meski hanya kurang lebih 30 menit.Menjaga kondisi fisik bisa juga dilakukan dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, menjaga kebersihan dilingkungan keluarga/rumah.
 
 Persiapan Mental
Persiapan mental ini harus dimulai sejak awal dengan menanamkan keyakinan bahwa sukses atau tidak UN yang akan dijalani harus siap menerima kenyataan yang ada.

Membuat Ringkasan
Ringkasan -ringkasan materi pelajaran sebenarnya dapat di mulai sejak dari kelas VII sampai kelas IX, jika siswa siswi sudah memulai membuat ringkasan dari kelas VII itu akan memudahkan siswa dalam menghemat waktu.

Sering Berlatih Mengerjakan Soal-soal
Soal-soal yang di kerjakan bisa dari materi-materi soal-soal ujian tahun yang lalu, soal-soal TPM, atau bahkan jika ada kesempatan ikut try out, dimana dengan ikut try out bisa untuk menjajaki kemampuan siswa dan dapat digunakan untuk kesiapan siswa agar dalan Ujian Nasional nanti siswa lebih terbiasa mengerjakan soal. 


Berdoa dan Semakin Dekat Kepada Alloh
Berdoa adalah kunci yang paling mustajab dalam meminta kemudahan dan kelancaran dalam mengikuti Ujian Nasional.Karena pada dasarnya kita adalah mahkluk yang hanya bisa berusaha, sedangkan hasil semuanya sudah ditentukan oleh Alloh SWT.
Pada saat ini perbanyak melakukan sholat tahajud, puasa senin kamis dan yang terpenting sholat lima waktu jangan sampai kita tinggalkan.

Seyegan, April 2012
Guru BK MTs N Seyegan

Siti Rohmiati, S.Pd


0 komentar:

Posting Komentar