twitter
rss



" Bu, ada siswa kelas VII yang dikeroyok"....Belum sempat kami bertanya banyak tiba-tiba datang seorang siswa kelas VII yang datang ke Bimbingan dan Konseling ( BK ) dengan di papah teman-temannya.Setelah masuk BK, siswa tersebut, sebut saja Miko langsung diberi air putih sambil menunggu kondisinya stabil.Baru beberapa menit kemudian Miko sudah bisa di ajak komunikasi dan menceritakan kejadian di kelas VII pada saat pelajaran jam terakhir.
Heran....dari cerita Miko dan teman-temannya yang mengantar ternyata Miko dipukuli teman sekelasnya karena kelas tersebut punya aturan, jika ada yang ramai maka ada yang langsung spontan memberi aba-aba 1, 2, 3....maka seluruh siswa terutama yang putra akan beramai-ramai memukuli siswa yang ramai tersebut. Entah siapa sebenarnya yang memulai dan mencetuskan ide tersebut, nyatanya wali kelasnya saja tidak tahu jka di kelas tersebut ada aturan seperti itu.
Dari kejadian tersebut banyak hikmah yang bisa kita ambil, terutama bagi siswa kelas VII yang menerapkan aturan tersebut. 

Kalian boleh menerapkan aturan apapun di kelas untuk menjaga ketertiban kelas kalian, tapi ingat, aturan yang kalian buat haruslah sepengetahuan bapak/ibu wali kelas kalian, dan yang pasti aturan tersebut tidak membahayakan dan merugikan satu dengan yang lainnya. Kenapa kalian tidak membuat aturan, siapa yang tenang yang tidak usil di kelas akan mendapat hadiah pada akhir semester ? bukannya malah main kekerasan ? Jika teman yang kalian keroyok tidak terima, maka kasus ini bisa laku di ajukan dijalur hukum. Apakah kalian berfikir sampai sejauh itu ?
Andai orang tuanya Miko tidak lapor ke sekolahan, maka akan terjadi pemukulan kepada teman-teman kalian yang lain, otomatis akan jatuh banyak korban lagi di kelas kalian. Kami salut atas usaha kalian yang ingin membuat suasanan kelas yang tertib, tapi caranya yang kurang benar. Buatlah kesepakatan-kesepakatan bersama dengan musyawarah dan melibatkan wali kelas, karena wali kelas yang akan mengarahkan keputusan-keputusan yang akan kalian buat sekiranya ada yang kurang baik.
Mulai sekarang di kelas manapun, entah kelas VII, VIII ataupun IX apapun yang kalian buat untuk kemajuan kelas, diskusikan dengan wali kelas kalian dulu. Ada yang ingin membuat seragam kaos untuk satu kelas, ada yang ingin mengadakan arisan satu kelas, ada yang ingin mengadakan pengajian satu kelas, dll semua harus sepengetahuan wali kelas. Karena jika suatu saat terjadi sesuatu dan wali kelas tidak diberitahu sebelumnya maka justeru ini akan membuat rugi satu kelas tersebut.
Okey...selamat membuat aturan kelas yang membuat kalian semakin semangat belajar dikelas dan jangan lupa untuk selalu mendiskusikannya dengan wali kelas kalian masing-masing.

0 komentar:

Poskan Komentar