twitter
rss



Gara-gara membuat status di Facebook (FB) hubungan pertemanan jadi bubrah ? benar g sich ?.....
Dua orang yang bersahabat akrab tiba-tiba datang ke Bimbingan dan Konseling ( BK ), curhat kalau pertemanan mereka sekarang terputus gara-gara status di FB. Mereka saling sindir, saling serang di FB. Sehingga lama-lama hubungan keduanya renggang.
Dari kasus di atas kita jadi bisa belajar untuk lebih berhati-hati ketika membuat status di FB, karena kita tahu bahwa FB itu bukan hanya untuk di konsumsi diri sendiri tapi semua orang yang menjadi teman kita bisa mengkonsumsi status kita. Kadang kata-kata yang digunakan tak layak di ucapkan oleh seorang siswa ( maaf : bajingan, asu, lonthe dll ). Apakah kalian tidak merasa malu mengucapkan kata-kata tersebut, harusnya sebagai siswa yang di didik dengan ilmu agama yang “lebih” tidak sepantasnya mengucapkan kata-kata tersebut, disamping akan melukai perasaan orang lain, juga akan memalukan diri sendiri.
Jika kalian ada masalah, jangan kalian masukkan dalam status di FB, kalian bisa membicarakannya lewat Handphone atau bisa berkonsultasi ke BK. Kalian semua pasti pernah diajari etika ketika berbicara, tolong berbicaralah yang bermanfaat, berbicaralah yang akan membuat orang lain merasa dihargai. Dan jika mau berkomentar pikirkan dulu baik-baik, apakah komentarku ini menyinggung orang lain atau tidak, apakah komentarku ini ada manfaatnya atau tidak. Belajarlah untuk bisa menjadi siswa siswi yang punya etika, punya rasa malu.
Sekali lagi berhati-hatilah jika ingin membuat status atau ingin berkomentar dalam FB, pertimbangkan manfaat dan mudhorotnya. Jadikan FB sebagai ajang untuk saling bertukar fikiran, saling menimba ilmu. Boleh saja kalian itu FB an, tapi jangan kalian gunakan FB untuk saling serang atau saling menyakiti satu dengan yang lainnya. Gunakan FB dengan sebaik-baiknya, karena jika kita bisa membuat status yang bermanfaat untuk orang lain, maka pahala yang akan kita terima.
Okey…selamat berlomba-lomba untuk membuat status di FB yang bisa bermanfaat untuk orang lain, sehingga dengan FB pengetahuan kalian akan bertambah.

0 komentar:

Posting Komentar