twitter
rss



Alhamdulillah, tahun 2013 baru saja kita mulai. Bagaimana pendapat kalian memasuki tahun 2013 ini ? Bahagia ? Senang ? atau jangan-jangan ada yang sedih ?.....yang pasti, yang pertama-tama kita ucapkan ketika kita memasuki tahun baru 2013 adalah ucapan rasa syukur dan berharap tahun ini akan lebih baik dari tahun kemarin. Bagaimana kita tidak bersyukur, Alloh telah memberikan kesempatan untuk bisa memperbaiki diri agar menjadi " lebih " dari tahun-tahun kemarin.Akankah anugerah ini akan kita sia-siakan ? Apakah kita tidak akan merasa rugi jika waktu yang telah Alloh berikan kepada kita, akan kita lewatkan begitu saja tanpa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk diri kita ataupun untuk orang lain ?
Waktu memang bagaikan pedang, apabila kita tidak bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, maka waktu bisa membunuh kita. Percuma Alloh berikan waktu 24 jam kepada kita jika hanya kita gunakan untuk hal-hal yang tidak berguna.
Lalu bagaimana cara kita memanfaatkan waktu dengan baik ?...Yuk kita bahas bareng-bareng yach….
Memanfaatkan waktu bagi tiap-tiap orang tentulah akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh seorang pelajar, tentu cara memanfaatkan waktu yang terbaik adalah dengan cara belajar. Bagaimana dengan seorang pekerja? Tentu memanfaatkan waktunya dengan bekerja keras.
Seorang pelajar apakah kudu belajar terus-terusan ? Kalau begitu kapan dong waktu buat main, waktu buat bersama teman-teman ?....Sebagai seorang pelajar tentulah tetap boleh bermain, selama masih ingat waktu, semua harus sesuai dengan porsinya. Apalagi tahun baru ini bertepatan pula dengan waktu semester dua, dimana kalian mulai mempersiapkan diri untuk kenaikan kelas bagi siswa kelas VII dan VIII, dan mulainya menghadapi UNAS bagi kelas IX.
Bagi siswa kelas VII dan VIII mulailah berbenah, jika di semester awal kemarin kalian masih sering alfa, masih sering bolos, mulai semester ini kita mulai dengan sesuatu yang baru. Tanamkan dalam hati kalian, bahwa tahun ini, semester ini, nilai kalian, perilaku kalian harus lebih baik dari kemarin….Apakah cukup itu saja ? tentu tidak, tapi yang pertama yang wajib kita lakukan adalah “ niat “, karena dengan niat dan tekad yang bulat apapun rintangan pasti akan bisa kita halau.
Selain persiapan tersebut, mulai sekarang kalian sudah mulai membuat ringkasan-ringkasan materi dari semester awal, karena materi ujian semester dua adalah materi semester satu dan dua. Dengan menyiapkan ringkasan materi sedini mungkin tentu ini akan memudahkan kita dalam belajar. Alangkah baiknya jika ringkasan materi tersebut kita tulis diatas kertas folio yang sudah kita bagi dua, setelah itu kita lem memanjang, sehingga ketika belajar kita tidak repot-repot membawa buku. Cukup dengan gulungan kertas tersebut yang bisa kita taruh di saku, kita bisa membawa dan membacanya dimanapun kita berada. Hal ini akan memudahkan kita dalam belajar.
Kemudian untuk hal-hal yang sekiranya kurang manfaat bisa kita hindari dulu. Semisal pacaran, kesana-kamari yang sifatnya hanya berhura-hura…Kenapa mesti dihindari? Karena bagaimana kita bisa belajar berkonsentrasi jika waktu yang ada hanya kita gunakan untuk main-main, apalagi siang malam sibuk sms an dengan pacar kita, tentu hasil belajar tidak bisa kita capai dengan maksimal. Boleh sms an asal ketika waktu belajar, hp bisa kita matikan sehingga ketika belajar benar-benar konsentrasi
Untuk kelas IX yang sebentar lagi menghadapi UNAS tentu materi yang disiapkan akan lebih banyak lagi, karena materi yang diujikan meliputi materi kelas VII, VIII dan IX. Tetapi tidak perlu khawatir, asal mulai jauh-jauh hari kita sudah mempersiapkan sebaik mungkin. Dengan persiapan yang matang tentu kita akan lebih percaya diri menghadapi ujian, baik itu ujian kenaikan kelas maupun ujian nasional. Dengan demikian kita tidak akan sibuk mencari contekan ketika ujian berlangsung, tetapi kita merasa yakin bahwa kita mampu tanpa harus bertanya sana sini kepada teman ketika ujian berlangsung.
Okey…mudah-mudahan bermanfaat.  Bagi yang belum jelas, mau menambah dan lain-lain diperbolehkan…..!


0 komentar:

Posting Komentar